Contoh 1 – Berita Politik 500 Kata

Deklarasi Dukungan 10 Kepala Daerah di Sumatera Barat Untuk Jokowi

Dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf datang dari Provinsi Sumatera Barat. Sebanyak 10 kepala daerah Sumatera Barat telah mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf.

Dengan bertempat di posko Relawan Jokowi (ReJo), deklarasi ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono, Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Sidarto Danusubroto, dan Ketua Umum ReJo Herra Nur Indah.

Saat berada di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (3/10/2018), Sidarto Danusubroto mengatakan bahwa ada enam bupati yang hadir. Empat bupati tidak datang, akan tetapi sudah menentukan sikap. Sidarto juga mengungkapkan bahwa kesepuluh bupati ini akan ditempatkan di Tim Kampanye Daerah dalam wilayahnya masing-masing.

Sidarto Danusubroto mengatakan bahwa mereka percaya dengan kinerja Jokowi yang dilakukan selama ini. Tak hanya itu, para bupati juga berharap supaya prestasi ini dapat diteruskan demi pembangunan selama lima tahun mendatang.

Perlu diketahui, Wali Kota Bukit Tinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan bahwa dirinya dan juga kepala daerah lain di Sumatera Barat sudah menggelar rapat mengenai dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf. Ramlan Nurmatias mengatakan bahwa pihaknya melihat nawacita Presiden dan merasa suka karena sejalan. Hal ini demi masyarakat dan bukan demi pihaknya saja.

Adapun nama 10 Kepala Daerah Provinsi Sumatera Barat yang telah mendeklarasikan dukungannya kepada Jokowi-Ma’ruf ialah sebagai berikut.

  • Hendrajon – Pesisir Selatan
  • Yudas Sabbagalet – Kep. Mentawai
  • Zul Elfian – Kota Solok
  • Irdiansyah T – Kabupaten Tanah Datar
  • Yuswir Arifin – Kabupaten Sijunjung
  • Tuan Riska Tuanku Kerajaan – Kabupaten Damansraya
  • Gusmal – Kabupaten Solok
  • Yusuf Lubis – Kabupaten Pasaman
  • Irfendi Arbi – Kabupaten Lima Puluh Kota
  • Ramlan Nurmatias – Kota Bukit Tinggi

Dua Kepala Daerah Provinsi Sumbar, yaitu Kota Padang Panjang dan Kota Pariaman akan mendeklarasikan usai dilantik. Bupati Sijunjung Yuswir Arifin sempat mengatakan alasannya mengenai dukungan kepada Jokowi. Menurutnya, dukungan dari pemerintah pusat atas pembangunan daerahnya masih begitu dibutuhkan. Hal ini untuk memajukan daerah. APBD masih terbatas sehingga sangat membutuhkan bantuan pusat.

Sementara itu, Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi menganggap Joko Widodo mampu mengangkat polularitas Indonesia di mata dunia Internasional. Wali Kota Solok Zul Elfian pun mengatakan bahwa Jokowi bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Sebelum melakukan deklarasi di Sumatera Barat, dukungan kepada Jokowi juga sempat digaungkan di Ternate, Maluku Utara. Kala itu Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dengan ribuan relawan Jokowi dua Periode (J2P) Maluku Utara telah mendeklarasikan dukungan atas bakal calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 mendatang. Deklarasi ini bertempat di sekitar Lapangan Ngaralamo Kota Ternate, pada Minggu (16/9/2018).

Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Selasa (18/9/2018) pun mengatakan bahwa dirinya beserta Wali Kota dan Bupati memberikan pernyataan dukungan pada Joko Widodo. Dirinya beserta kepala daerah lainnya merasakan pembangunan untuk Sumatera Barat serta Indonesia pada umumnya. Mereka ingin Joko Widodo untuk melanjutkanya.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis juga mengatakan bahwa Joko Widodo sangat serius dalam membawa perubahan dalam wilayahnya. Diakuinya, Joko Widodo sangat serius dalam pembangunan itu. Joko Widodo dinilai tak mau main-main. Disebutkan Bupati Pasaman Yusuf Lubis bahwa Joko Widodo sempat mengatakan jika masyarakat tak boleh sakit, maka dari itu dibuatlah BPJS.

Mengenai deklarasi dukungan 10 Bupati dan Wali Kota di Sumatera Barat kepada Joko Widodo di Pilpres 2019, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indo Barometer, M Qodari, pun angkat bicara. M Qodari mengaku kaget. Kepala daerah mempunyai pengaruh besar dalam mengubah pilihan politik pendukungnya.