Cara Menulis Artikel Ilmiah Populer Mudah Tidak Rumit

Cara Menulis Artikel Ilmiah Populer Mudah Tidak Rumit

Cara menulis artikel ilmiah populer kini banyak yang mencarinya. Sebab, dalam penulisan artikel ilmiah populer tidak bisa sembarangan. Karena tujuan penulisannya adalah untuk memberikan referensi baru bagi pembaca.

Jangan sampai dalam penulisannya menggunakan kalimat yang tidak pas. Perlu memperhatikan banyak aspek dalam membuat artikel ilmiah populer. Penulisan artikel ilmiah biasanya melalui berbagai tahapan.

Misalnya seorang mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, maka perlu mengetahui penulisan yang baik dan benar. Penelitian yang dilakukan tidak harus rumit. Bisa dengan penelitian sederhana yang memberikan sebuah hasil pembahasan.

Cara Menulis Artikel Ilmiah Populer Mudah Tidak Rumit
pikist.com

Cara Menulis Artikel Ilmiah Populer

Sebelum lanjut ke cara menulis, alangkah baiknya untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Artikel ilmiah populer merupakan tulisan ilmiah yang tersedia pada media massa. Bertujuan untuk memberikan pengetahuan ilmiah kepada pembaca non-ilmiah (non-akademis).

Orang-orang mengenalnya dengan sebutan karya ilmiah populer. Bahasa dalam artikel ini berbeda dengan karya tulis biasa. Lebih mengarah ke bahasa populer agar orang awam mudah memahaminya.

Pada prinsipnya untuk bisa membuat artikel ilmiah populer sama ketika seseorang membuat artikel bisa. Harus mengetahui teknik khusus, latihan, dan lain sebagainya.

Berikut adalah cara menulis artikel ilmiah populer:

Menguji Gagasan

Hal utama yang harus menjadi pegangan saat akan membuat artikel adalah menentukan gagasan atau topik. Setelah itu, baru melakukan pengujian sebuah gagasan yang sudah terencana.

Pengujian gagasan meliputi aspek kepentingan, fokus, waktu, unik, dan lolos dari saringan penerbit. Untuk bisa memenuhi aspek tersebut tentu harus tersedia gagasan yang berbobot.

Pola Artikel Ilmiah Populer

Dalam pembuatan artikel ilmiah populer terdapat lima pola untuk menulis. Pola ini bisa sebagai acuan penulisan artikel agar lebih mudah.

1. Pola Pemecahan Topik

Memecahkan topik yang masih satu lingkup dengan pembicaraan berdasarkan tema. Nantinya akan lanjut sebagai subtopik atau bagian kecil dari gagasan.

2. Pola Masalah dan Pemecahannya

Cara menulis artikel ilmiah populer harus mengetahui pola yang satu ini. Masalah datang pada awal artikel, kemudian akan ada penjelasan dari para ahli.

3. Pola Kronologi

Menyajikan topik artikel berdasarkan urutan peristiwa yang ada.

4. Pola Pendapat dan Alasan Pemikiran

Penulis menyampaikan pendapatnya sendiri tentang suatu topik. Kemudian akan memberikan alasan mengapa menyampaikan pendapat tersebut.

5. Pola Perbandingan

Membandingkan dua aspek atau lebih dari suatu topik. Bisa juga menunjukkan persamaan atau perbedaan yang ada.

Menulis Bagian Pendahuluan Sebuah Artikel

Cara menulis artikel ilmiah populer berikutnya adalah membuat pendahuluan. Bagian pendahuluan bisa berisi sebuah ringkasan yang menggambarkan gagasan utama. Bisa juga berisi pernyataan yang menonjol terkait sebuah topik.

Pendahuluan haruslah melukiskan suatu fakta atau kejadian yang mampu menggugah rasa penasaran pembaca. Mengajak mereka untuk membayangkan atas tulisan yang ada.

Penulis tidak harus membuat pendahuluan pertama kali. Mengingat tujuannya hanya untuk menarik pembaca tetap mengikuti isi artikel.

Menulis Bagian Pembahasan

Dalam menulis pembahasan, alangkah baiknya menggunakan sub bagian. Bertujuan agar pembaca mudah memahami dan bisa beristirahat sejenak. Pembahasan berisi penjabaran dari gagasan atau topik secara mendalam.

Merupakan cara menulis artikel ilmiah populer yang harus menyertakan uraian rinci terhadap suatu gagasan. Subjudul juga akan memberikan kesan rapi terhadap artikel.

Menutup Artikel

Berikutnya adalah membuat bagian penutup artikel. Penutup dalam artikel ilmiah biasanya berisikan saran, kritik, dan simpulan. Berbeda dengan artikel ilmiah populer yang tidak harus menggunakan subjudul “Penutup”.

Pada artikel ilmiah populer, penutup bisa dengan menggunakan kalimat pamit. Biasanya bisa menggunakan kata demikian, sekian, jadi, dan lain sebagainya.

Pemeriksaan Isi Artikel

Cara menulis artikel ilmiah berikutnya adalah dengan memeriksa isi artikel. Karya yang sudah jadi akan melalui tahapan pengecekan. Ada pengecekan plagiat, kesesuaian isi dengan gagasan, dan lain sebagainya.

Penulisan yang baik dan benar juga perlu pengecekan. Terkadang karena asyik menulis, seorang penulis tidak sadar bahwa ada typo. Untuk cek plagiarisme akan lebih efektif jika menggunakan aplikasi anti plagiarisme.

Jika sudah, maka berikan artikel kepada orang lain agar mendapatkan penilaian. Hal ini bertujuan untuk menampakkan kesan suatu artikel.

Itulah beberapa cara menulis artikel ilmiah populer yang tepat. Jangan sampai membuat tulisan yang sulit untuk dipahami. Gugah semangat pembaca agar tetap stay dengan artikel ilmiah populer.

Comments for this post are closed.