Pengaruh Sakit Gigi ke Mata

Contoh #21 Artikel Kesehatan 500 Kata/Jenis Kesehatan Gigi, Mata

Berikut ini merupakan contoh artikel Kesehatan yang dapat anda lihat. Kami memberikan artikel SEO Kesehatan tentang Kesehatan Gigi, Mata. Kami menggunakan keyword “Pengaruh Sakit Gigi ke Mata”. Simak artikel ini selengkapnya.

Pengaruh Sakit Gigi ke Mata yang Harus Diwaspadai!

Banyak yang mungkin belum mengetahui bahwa ternyata ada pengaruh sakit gigi ke mata. Selama ini, mungkin masih banyak dari kita yang kurang memperhatikan kesehatan gigi.

Tindakan-tindakan yang kurang baik untuk gigi, mulai dari tidak rajin menggosok gigi, mengonsumsi terlalu banyak makanan manis-manis, atau makanan yang merusak gigi lainnya, masih sulit dijauhkan dari hidup kita. Akibatnya, gigi menjadi rusak hingga berlubang yang pastinya menimbulkan rasa sakit.

Tidak hanya rasa sakit pada bagian mulut saja, rupanya sakit gigi juga dapat berpengaruh pada bagian kepala kita yang lain termasuk mata.

Pengaruh Sakit Gigi ke Mata
Ilustrasi Pengaruh Sakit Gigi ke Mata, Foto: Istimewa

Pengaruh Sakit Gigi ke Mata dan Penyebabnya

Ketika anda merasakan sakit gigi, pasti yang terasa sakit tidak hanya bagian giginya saja. Bagian kelapa lainnya, biasanya akan ikut merasakan sakit.

Hal tersebut dapat terjadi karena pada dasarnya saraf tubuh manusia saling terhubung satu sama lain. Kondisi menjadi semakin parah karena gigi mempunyai ikatan yang dekat dengan saraf-saraf pada kepala.

Tekanan saraf yang biasanya terjadi karena infeksi yang menyebabkan sakit gigi, kemudian dapat menekan saraf pada bagian mata. Hal tersebut yang akhirnya menimbulkan pengaruh tersebut.

Selain terkena tekanan dari saraf, penyebaran infeksi bakteri dari saraf gigi ke saraf mata juga dapat menyebabkan infeksi yang serupa. Dari dua penyebab tersebut, penyebab sebaran bakteri inilah yang terbilang cukup berbahaya.

Pengaruh yang Ditimbulkan

Tentu pengaruh pertama yang dapat kita rasakan sama halnya dengan sakit gigi pada umumnya, yakni rasa nyeri pada gigi yang kadang disertai dengan sakit kepala. Bila terlalu lama kita biarkan, maka akhirnya nyeri akan mulai menjalar ke bagian mata.

Biasanya pengaruh tersebut dapat menyebabkan gangguan pengelihatan pada penderitanya. Selain itu, bahkan beberapa penderita dapat mengalami kebengkakan mata hingga kebutaan.

Pengobatan

Permasalahan yang berkaitan dengan infeksi seperti sakit gigi ini memang hal yang cukup sulit untuk kita kendalikan. Pasalnya, bakteri merupakan mikroorganisme yang tentu tidak mudah untuk kita amati pergerakannya. Sebagai tindakan yang dapat kita lakukan secara tepat adalah pencabutan atau penambalan pada gigi yang berlubang.

Tidak hanya menghilangkan pengaruh ini saja, pencabutan, dan penambalan juga akan menghilangkan kemungkinan infeksi yang timbul saat gigi berlubang. Dengan demikian, rasa nyeri pengaruh sakit gigi tidak akan mengganggu anda lagi, sehingga anda kondisi kesehatan mata yang lebih baik.

Pencegahan

Selain cara pengobatan, pengaruh ini sebenarnya juga mudah untuk kita cegah. Meskipun mudah, biasanya orang memang sulit untuk membiasakan hidup lebih sehat.

Cara pencegahan yang pertama adalah dengan rajin menggosok gigi dua kali sehari. Penggosokan pertama kita lakukan setelah bangun pagi untuk menghilangkan kemungkinan bakteri yang masuk saat tidur, dan penggosokan kedua kita lakukan sebelum tidur untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel seharian.

Selain menggosok gigi dengan teratur, kita juga perlu menjaga pola makan demi kesehatan gigi yang lebih baik. Hindari makan makanan yang terlalu banyak mengandung gula, terutama permen.

Selain sumber penyakit yang lain, gula juga dapat mengikis struktur gigi sedikit demi sedikit. Kita juga lebih baik untuk tidak merokok atau minum minuman beralkohol. Jika menaati cara-cara pencegahan ini, sudah pasti anda akan terhindar dari pengaruh sakit gigi ke mata dan akan tetap senantiasa sehat.