Menulis di Wordpress

Menulis di WordPress Bagi Pemula, Intip Panduan Lengkapnya!

Menulis di WordPress sebenarnya cukup mudah, hampir sama dengan anda menulis pada Microsoft Word. Selain menulis, anda hanya harus menekan tombol publish agar dapat dengan langsung muncul pada bagian website anda.

Lantas, bagi anda yang belum mengetahui caranya, dapat menyimak beberapa penjelasan dan langkah-langkahnya dengan lengkap.

Menulis di WordPress
Ilustrasi Menulis di WordPress. Foto Istimewa

Cara Menulis di WordPress

Setelah anda menginstall WordPress, maka tugas anda hanya harus membuatnya terisi agar tidak kosong, yaitu dengan cara memberikan beberapa artikel yang anda tulis. Untuk menulis artikel, anda harus memahami tentang menu apa saja yang harus anda tulis. Jadi, sebelum memulai, sebaiknya pahami konsepnya dengan benar.

Selanjutnya, sangat penting bagi anda yang akan menulis pada WordPress, yakni menginstall plugin dalam memudahkan anda saat penulisan.

Plugin tersebut seperti plugin SEO Yoast (untuk optimasi on page SEO) dan juga plugin TinyMCE Advanced (untuk menebalkan, memiringkan, mengatur heading, dan masih banyak lagi).

Setelah anda menginstal WordPress bersama dengan plugin yang anda perlukan, lalu saatnya anda mulai dalam menulis.

Membuat Artikel pada Blog Pertama Anda

Langkah menulis di WordPress yang pertama adalah login. Anda dapat menekan tombol New pada menu toolbar admin, dan pilih Post. Selanjutnya klik Add New pada menu Post. Lalu anda akan menuju pada sebuah halaman yang terdapat kotak kosong.

Halaman Post Editor

Pada halaman ini, akan terdapat beberapa bagian. Seperti kotak judul artikel, kotak konten, excerpt, kategori, tag, serta feature image. Anda dapat mengisinya pada bagian-bagian yang perlu.

Untuk kotak konten, anda dapat membuat tulisan atau artikel dengan panjang karakter yang anda inginkan. Akan tetapi untuk judul, sebaiknya anda tulis sebanyak 50-70 karakter. Permalink akan mengatur link artikel anda.

Biasanya, secara default link akan tersedia dengan menggunakan judul artikel anda. Lalu, Add Media berfungsi untuk menambah gambar artikel anda.

Untuk membuat tulisan pada kotak konten, sebaiknya jangan mengubah terlalu sering tampilan antara text dan visual, khususnya bagi anda penulis pemula. Hal ini akan mengacaukan format postingan anda.

Menambahkan Gambar

Anda juga dapat menambahkan gambar pada artikel postingan nantinya. Cara menulis di WordPress adalah dengan klik Add Media, lalu anda akan menemui halaman pilihan atau menu pop up dan pilih Select Files.

Setelah anda menambahkan gambar pada media library, anda juga dapat memberikan informasi tambahan tentang gambar tersebut. Misalkan judul, caption, alt teks, dan juga deskripsi. Alt teks dapat anda tulis menggunakan keyword artikel anda.

Hal ini akan berpengaruh pada SEO nantinya. Setelah anda memastikan ukuran gambar yang akan anda tampilkan, selanjutnya dapat langsung klik Insert to Post. Gambar akan muncul pada halaman artikel anda. Anda juga dapat mengeditnya sesuai yang anda inginkan dengan memanfaatkan ikon pensil.

Pilihan Publikasi

Pilihan publikasi ini terletak pada bagian kanan layar. Dalam kotak Publish akan terdapat beberapa opsi yang dapat anda atur. Misalkan, save draft adalah tombol yang berguna saat anda akan menyimpan tulisan yang sudah anda buat. Tombol Preview akan menunjukkan live preview postingan artikel anda. Anda dapat melihat tampilan artikel setelah anda publish.

Menambahkan Kategori dan Tag

Menulis di WordPress dengan mengisi kategori serta tag dapat membantu anda mengatur konten dalam format secara terorganisir. Hal ini juga dapat memudahkan pencarian terhadap artikel bagi pembaca nantinya. Selain itu, mengisi tag dan kategori juga dapat meningkatkan optimasi SEO.

Setelah itu, anda juga dapat mengisi feature image atau post thumbnail artikel anda. Klik set feature image, maka akan muncul seperti pada Add Media. Selanjutnya anda dapat memilih gambar yang sudah ada atau menambahkan gambar baru yang ada pada komputer anda.

Sebenarnya cukup mudah cara menulis di WordPress untuk pemula sekalipun. Asalkan, anda harus jeli dalam memilih topik dan juga SEO agar menghasilkan traffic yang banyak pada artikel anda.

Comments for this post are closed.