Optimasi Website WordPress Mudah Tingkatkan Traffic

Optimasi Website WordPress Mudah Tingkatkan Traffic

Optimasi website WordPress merupakan hal yang harus selalu anda perhatikan. Walaupun WordPress merupakan platform website yang sangat baik, tetapi masih harus melakukan optimasi.

Tak sedikit orang yang mengacaukan WordPress dengan menambahkan plugin kualitas rendah. Ada juga yang memilih host web yang jelek serta memenuhi situs dengan elemen yang tak perlu.

Meski anda tak melakukan hal yang demikian, tetap perlu adanya perbaikan kecepatan situs WordPress. Kecepatan website sangat penting bagi kualitas website anda. Jika loading yang ada lama, kemungkinan besar pengunjung akan tinggalkan website.

Kecepatan website merupakan salah satu faktor SEO yang harus anda optimasi. Sebab saat ini Google dan search engine lainnya sudah mulai memberikan penalti terhadap website yang lambat. Hal ini tentu akan menurunkan traffic website anda.

Optimasi Website WordPress Mudah Tingkatkan Traffic
wordpress.org

Optimasi Website WordPress

Pemilik website mungkin banyak yang menganggap bahwa websitenya baik-baik saja. Namun, tanpa mereka sadari website akan lambat jika yang membuka adalah pengunjung. Sebab pemilik website hanya membuka melalui device milik sendiri.

Tidak semua orang yang mengunjungi website anda berasal dari daerah yang sama. Hal ini juga bisa menyebabkan website anda lambat jika mereka yang membukanya.

Padahal waktu loading yang tergolong cepat itu kurang dari 2 detik. Dalam hal ini, anda bisa membuatnya lebih cepat. Perhatikan ulasan berikut :

Memilih Hosting yang Bagus

Optimasi website WordPress pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih hosting yang bagus. Tidak mungkin anda memiliki website dengan kecepatan tinggi jika hosting tidak berkualitas. Adapun hosting murah dengan kualitas bagus yaitu, cPanel, Lite Squadd Enterprise, dan Time Machine backup.

Optimasi Tema Website

Berikutnya anda harus memilih tema yang menarik. Hal ini bertujuan untuk memikat pengunjung datang ke website anda. Banyak pemilik website yang memilih tema hanya dari segi visualnya tanpa memikirkan kecepatan website.

Tema yang memiliki banyak pilihan fitur memang akan mempermudah proses pengaturan layout. Justru hal ini bisa menyenangkan server dan browser akan bekerja lebih keras. Sebab beberapa tema WordPress mempunyai ukuran dalam megabytes yang menambah waktu loading pada website.

Minimalkan Monitor Plugin

Dalam memilih sebuah plugin, pastikan seberapa penting dan butuhnya sebuah plugin. Memiliki banyak plugin tidak berpengaruh langsung pada kecepatan website. Namun, bisa meningkatkan risiko penginstalan plugin yang berakibat buruk.

Optimasi website WordPress dengan metode ini harus memastikan bahwa plugin telah melalui optimasi versi. Anda sebaiknya melakukan research dulu sebelum menginstall plugin.

Optimasi Widget

Alangkah baiknya anda menggunakan widget yang mudah loading dengan cepat dan tidak berat. Jika sebuah widget tidak sering ada pembaruan, anda bisa upload langsung ke server anda. Dengan begitu, anda tidak perlu bergantung pada server eksternal.

Konten Statis

Untuk metode ini, hal pertama yang harus anda lakukan adalah kompres konten menggunakan gZip. Konten yang sudah melalui tahapan ini memiliki ukuran file yang lebih kecil. Inilah yang akan membuat website anda loading dengan cepat.

Setelah itu, anda bisa meringankan server dengan menggunakan CDN. Konten yang anda sajikan melalui CDN akan langsung melewati tahap optimasi dari seluruh dunia. Biasanya server ini lebih dekat dengan pengunjung.

Optimasi Gambar Konten

Gambar adalah salah satu elemen yang berat. Hampir 65 % dari konten sebuah website adalah gambar. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bisa optimasi website WordPress dengan mudah. Anda perlu mencari gambar dengan dimensi yang mencapai batas thumbnail dan gambar berukuran medium atau large.

Apabila anda mengunggah gambar dengan ukuran 1024px sedangkan konten anda hanya 604px, maka gambar resize otomatis. Anda juga bisa mengecilkan gambar secara manual dengan menggunakan tools reSmush atau tinypng.

Melakukan Caching pada Website

Caching merupakan cara yang efektif untuk mengoptimasi website. Terutama pada situs-situs yang memiliki traffic tinggi. Setiap halaman WordPress loading, maka CSS dan database akan mengambil kembali data anda. Kemudian informasi tersebut akan bergabung dengan file HTML.

Caching bisa menyimpan file HTML agar langsung terbuka bagi pengunjung. Hal ini sangat mengurangi penggunaan waktu loading.

Dengan melakukan cara tersebut, optimasi website WordPress anda akan mudah berjalan. Pastikan semuanya anda lakukan dengan ketelitian yang jeli agar nantinya website anda bisa naik traffic.

Comments for this post are closed.