Penyebab Flu pada Bayi

Contoh #23 Artikel Kesehatan 500 Kata/Jenis Penyakit Pada Manusia

Berikut ini merupakan contoh artikel Kesehatan yang dapat anda lihat. Kami menyajikan artikel SEO Kesehatan tentang Penyakit Pada Manusia. Kami menggunakan keyword “penyebab flu pada bayi”. Simak artikel selengkapnya.

Penyebab Flu pada Bayi dan Ketahui Cara Mengatasinya

Penyebab flu pada bayi umumnya tidak menimbulkan bahaya. Akan tetapi, sebagai orang tua, ada baiknya anda mengetahui tentang asal-usul penyakit yang menyerang anak anda tersebut. Hal itu, tentu berguna agar anda dapat mengatasi dengan cara yang benar dan tidak semakin serius. Dengan demikian, bayi akan tetap merasa tenang dan nyaman.

"<yoastmark

Penyebab Flu pada Bayi

Biasanya, flu terjadi pada bayi atau balita sering karena gangguan sistem kekebalan tubuh mereka. Sistem imunitas tersebut cenderung menurun, sehingga tubuhnya yang masih lemah tersebut sangat rentang terserang penyakit.

Flu atau influenza dapat timbul karena virus yang menyebar bebas di udara sekitar. Bisa melalui batuk, bersin atau hal-hal lain yang bisa menularkan pada bayi.

Tidak hanya itu saja, virus penyebab influenza dapat menular melalui tempat atau lingkungan balita, seperti berada dalam day care, tempat belajar, hingga lingkungan tempat tinggal mereka. kemudian, juga dapat berjabat tangan serta kontak (seperti ciuman) dengan orang yang sedang mengalami flu.

Penyebab flu pada bayi yang sering terlihat saat pilek menyerang balita anda dapat karena faktor kondisi. Kondisi tersebut seperti radang tenggorokan, pneumonia, alergi dan juga infeksi telinga.

Cara Mengatasi Bayi yang Terserang Flu

Apabila bayi atau balita anda sedang mengalami pilek atau flu, sebenarnya tidak memerlukan pengobatan yang serius. Karena, balita atau bayi anda akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Akan tetapi, hal yang perlu anda waspadai dan ingat, ada baiknya anda tidak memberikan sang buah hati obat flu dan batuk yang telah beredar secara bebas. Bahkan, menurut Badan pengawas Obat serta Pangan Amerika Serikat (FDA), bayi yang berusia kurang dari 4 tahun dan sedang menderita flu, sangat disarankan tidak mengkonsumsi obat pilek sedikitpun.

Hal yang sama juga berlaku untuk obat antibiotik. Sementara, pemakaian ibuprofen atau acetaminophen masih boleh diberikan kepada bayi yang berusia lebih dari enam bulan untuk menurunkan panas atau demam serta menjadikannya merasa nyaman. Sebagai alternatif untuk anda, berikut adalah beberapa langkah mengatasi pilek pada anak anda.

Memakai Larutan Saline serta Alat Penghisap Lendir

Keduanya dapat anda gunakan untuk mengatasi penyebab penyakit ini. Hidung pastinya akan terasa sangat mampet karena tersumbat. Hal tersebut akan menjadikan anak anda kesulitan untuk bernafas.

Lalu, yang dapat anda lakukan adalah dengan memberikan beberapa tetes larutan saline untuk tiap lubang hidung. Tujuannya supaya lendir dapat dengan mudah dikeluarkan. Sehingga, anda dapat mengambil lendir dengan spuit bulb atau pipet.

Memasang Humidifier

Humidifier merupakan sebuah alat yang membantu ruangan menjadi lebih lembab. Dengan demikian, akan meredakan hidung yang tersumbat serta gejala penyebab flu pada bayi.

Dengan memakai pelembab ruangan ini juga bisa menjadikan nafas bayi menjadi lebih lega, kemudian ia akan tidur dengan tenang. Namun, anda wajib membersihkan alat ini secara rutin agar terhindar dari serangan jamur dan penumpukan bakteri.

Memberikan Uap

Manfaatkan uap air panas. tepuk dengan pelan punggung bayi anda sambil memberikannya uap agar melegakan pernapasan.

Mengatur Posisi Tidur

Pada saat bayi anda pilek, sebaiknya posisikan kepalanya lebih tinggi dari badannya. dengan demikian, akan membantunya dalam bernafas. Tak hanya itu saja, cara ini dapat mencegah lendir untuk berkumpul dalam hidung.

Dengan mengetahui penyebab flu pada bayi serta cara mengatasinya, buah hati anda akan tetap merasa nyaman meskipun sedang mengalami influenza.