Google Keyword Planner

Cara Menggunakan Google Keyword Planner dan Fungsinya

Google keyword planner adalah salah satu tool untuk riset kata kunci yang wajib anda coba. Selain gratis, banyak kelebihan yang tools ini tawarkan. Anda yang sedang mencari kata kunci untuk penulisan artikel, anda mungkin akan tertarik dengan tools yang satu ini.

Google Keyword Planner
Ilustrasi Google Keyword Planner. Foto: Ist/net

Apa Itu Google Keyword Planner?

Keyword Planner dari Google ini merupakan salah satu tool untuk melakukan riset keyword yang masuk ke layanan Google Ads. Sebenarnya, tool ini sengaja dibuat dalam membuat iklan pada Google Ads. Akan tetapi, anda pun bisa memakainya dalam kebutuhan yang lain, seperti riset keyword artikel SEO.

Jika anda ingin memanfaatkan layanan dari Google ini, maka harus mendaftar terlebih dahulu ke Googl Ads. Akan tetapi, jangan khawatir, anda bisa memakai alat pencari kata kunci dari Google ini tanpa memasang iklan lebih dulu.

Cara Memakai Google Keyword Planner

Alat atau tool keyword ini bisa anda pakai secara gratis tanpa harus bersusah payah mengeluarkan uang untuk biaya iklan di Google Adwords. Berikut adalah langkah yang wajib anda ikuti:

1. Akses Halaman Google Ads

Cara ini bisa anda lakukan untuk masuk ke dalam cara menggunakan keyword planner. Setelah anda berhasil membuka halaman tersebut, maka bisa melalui step Google Ads dengan cukup klik ‘skip this guide setup’.

2. Konfirmasi Gmail

Pada halaman ini, anda perlu memasukkan informasi berupa email. Selesai memasukkannya, anda bisa menyimpannya dengan menekan ikon ‘save and continue’.

3. Memilih Menu Keyword Planner

Apabila anda selesai membuat akun, maka untuk bisa memulai melakukan riset atau pencarian kata kunci. Anda bisa memilih dari menu Google Keyword Planner yang ada pada bagian kanan atas dashboard.

Pada bagian dashboard tersebut akan tersimpan berbagai menu yang bisa anda pilih. Lalu, pilih menu ‘Keyword Planner’. Menu tersebut bisa anda pakai untuk mencari keyword atau kata kunci terbaik untuk konten yang ingin anda buat.

Apa Fungsi Keyword Planner Sebenarnya?

Google telah menyediakan tool untuk mempermudah anda dalam melakukan riset keyword atau kata kunci. Hingga sekarang, pemakaian dari keyword itu sendiri sangat berpengaruh atas trafik sebuah website.

Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu agar artikel yang anda hadirkan mudah ditemukan oleh para pencari informasi dalam dunia maya.

Akan tetapi, sering pula pemilik yang lupa atau bahkan tidak tahu peranan keyword ini. Sehingga, membuat sebuah artikel dengan menggunakan keyword yang tak mampu menjangkau target pencari topik. Kemudian, fasilitas Google Keyword Planner inilah yang akhirnya mempermudah pengguna dalam menentukan pilihan keyword dalam iklannya.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, tool ini tak hanya bisa dipakai dalam keperluan iklan saja. Selain berperan dalam riset kata kunci, tool ini memiliki banyak fungsi yang mungkin belum anda ketahui.

Mendapatkan Kata Kunci Relevan

Fungsiyang pertama adalah mendapatkan kata kunci yang relevan. Anda pastinya ingin mendapatkan trafik yang baik dan terus meningkat dalam performa website anda bukan? Maka, Google akan memberikan list untuk kata kunci secara relevan sesuai dengan kebutuhan anda.

Mengetahui Rata-rata Pencarian Kata Kunci

Selanjutnya, dengan menggunakan Google Keyword Planner ini maka anda akan mengetahui dari rata-rata pencarian keyword tiap bulan. Dari data yang tersedia, anda bisa memilih kata kunci yang mana yang sesuai dan paling banyak orang cari dalam internet melalui mesin pencari. Dengan demikian, anda akan memperoleh hasil bagus dalam pembuatan artikel yang menyasar ke semua pencari paling banyak tersebut.

Mengetahui Level Persaingan

Kemudian, fungsi tool ini untuk mengetahui atas persaingan kata kunci tersebut. Dari beberapa informasi kata kunci yang tool ini tampilkan, akan terdapat data-data. Data tersebut menunjukkan level persaingannya setiap kata kunci.

Ada baiknya, anda memilih yang sesuai dengan level paling rendah dengan pesaing atau kompetitor anda. Namun, hal itu sebenarnya opsional, sebab kebutuhan pembuatan artikel tiap orang berbeda-beda. Bahkan, menginginkan target yang berbeda pula.

Jadi, dengan mengetahui level persaingan dalam Google Keyword Planner tersebut, maka setidaknya, anda tahu kata kunci mana terbanyak orang cari melalui search engine dengan persaingan kompetitor yang tidak ketat.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *